WAKTU SERVER : Rabu, 29 Maret 2017 02:44
0 Share
0 0 0

Festival Silat, Deng Ical harap pembinaan atlet diperkuat 

Sport
5 bulan yang lalu - 29-10-2016

 Festival Silat, Deng Ical harap pembinaan atlet diperkuat 
Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, membuka Festival Pencak Silat 2016, di Fort Rotterdam, Sabtu 29 Oktober 2016.

 

MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal "Deng Ical", mengatakan olahraga pencak silat telah diakui sebagai salah satu olahraga yang multi aspek karena disitu merangkum atlet, prestasi dan juga budayanya.

"Mulai dari jurus yang sifatnya keterampilan bela diri biasa hingga sampai pengembangan tenaga dalam, bahkan sudah ada juga mengembangkan konsep zikir," ucap Deng Ical saat membuka Festival Pencak Silat 2016, di Fort Rotterdam, Sabtu 29 Oktober 2016.

Lebih lanjut, Deng Ical, berharap suatu saat nanti pengakuan terhadap pencak silat ini bukan hanya sekedar pengakuan bahwa komunitas olahraga tetapi pencak silat itu adalah komunitas multi aspek, walaupun dalam konteks prestasi akhir-akhir ini pencak silat di Sulawesi Selatan belum sesuai dengan harapan.

"Kemarin itu kita ikut PON, dari 11 yang lolos tetapi belum satu pun yang mendapat medali dan itu menjadi ujian sekaligus peringatan bagi kita semua untuk terus berlatih," ujar Deng Ical yang juga ketua IPSI Sulsel.

Menurut Deng Ical, yang juga ketua IPSI Sulawesi Selatan tersebut, kejuaran PON kemarin bukan sama sekali tampil kurang baik, karena terbukti waktu kita mengikuti seleksi atlet nasional, tiga atlet bisa lolos bahkan satu atlet mengalahkan atlet peraih emas dan juga peraih medali perak di kejuaran PON.

"Jadi pencak silat itu bagaimana supaya kita melakukan proses pembinaan yang bisa lebih terstruktur dan sistematis," katanya.

Deng Ical berharap, olahraga pencak silat di Sulawesi Selatan bisa berkembang menjadi lebih baik. Apaladi dalam konteks ketersedian atlet, Sulawesi Selatan adalah gudangnya. Hampir semua kabupaten dan kota memiliki perguruan pencak silat walaupun dalam konteks prestasi belum sesuai dengan potensi yang kita miliki.

"Kami berharap hari ini menjadi momentum kebangkitan pencak silat baik dalam konteks olahraga, seni maupun juga dalam konteks prestasi," harapnya.

Ketua panitia, Hilal, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh PPS Margaluyu pusat cikuya Sulawesi Selatan. Adapun peserta dari beberapa perguruan yang ikut bertanding yakni, perguruan silat budaya Makassar, Syaifulla Al-maslul, Akung, Trisula, Sipakallabiri, Kelatnas Indonesia Perisai Diri, waju, Harimau Selatan, Badahong, Bawaeng dan beberapa perguruan lainya yang ada di Sulawesi Selatan.(*)

Editor : -
Publisher : -
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI