WAKTU SERVER : Rabu, 18 Januari 2017 00:09
0 Share
0 0 0

Wakil Ketua DPRD Pangkep desak polisi tindak pungli eks pengungsi Timtim

News
2 bulan yang lalu - 08-11-2016

Wakil Ketua DPRD Pangkep desak polisi tindak pungli eks pengungsi Timtim
Desakan kepada penegak hukum mengambil tindakan terhadap oknum yang memotong bantuan dana kompensasi eks pengungsi Timor Timur (Timtim) terus berdatangan. Wakil Ketua DPRD Pangkep Rizaldi Parumpa meminta agar kepolisian memanggil korban pungli. / Ist

PANGKEP - Desakan kepada penegak hukum mengambil tindakan terhadap oknum yang memotong bantuan dana kompensasi eks pengungsi Timor Timur (Timtim) terus berdatangan. Wakil Ketua DPRD Pangkep Rizaldi Parumpa meminta agar kepolisian memanggil korban pungutan liar (pungli) ini.

"Polisi harusnya sudah turun tangan, memanggil eks pengungsi Tim-tim yang uangnya dipotong dan memeriksa oknum-oknum yang terlibat," kata Rizaldi, Selasa 8 November 2016.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini khawatir semakin lama pungli ini dibiarkan, semakin banyak eks pengungsi Timtim yang jadi korban. Selain itu, para pelaku bisa saja memusnahkan barang bukti.

Total eks pengungsi Timtim yang mendapat bantuan Pangkep sebanyak 270 orang. Setiap orang mendapat kompensasi sebesar Rp10 juta yang dipotong pengurusnya Rp 2 juta.

Oknum yang memotong uang para pengungsi ini beralasan melajukan pemotongan sebagai dana administrasi pengurusan di Kementerian Sosial.

"Kan sudah ada satgas saber pungli kabupaten, saya pikir ini tugas pertamanya. Kalau tidak mampu tuntaskan kasus ini, maka satgas saber pungli harua dievaluasi keberadaannya," ucapnya.

Kapolres Pangkep AKBP Edy Kurniawan yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah mengetahui adanya pungli terhadap eks pengungsi. Namun, untuk proses hukum ia mengatakan menunggu laporan dari korban.

"Kami menunggu laporan dari korban. Jangan-jangan kami proses tetapi tidak ada yang merasa korban," ujarnya saat ditemui di rujabnya.

Sebelumnya, desakan kepada Polres Pangkep untuk menuntaskan kasus juga datang dari ormas Front Pembela Islam (FPI) Pangkep yang berjanji akan mengadvokasi para korban. (B)

Muhammad Subhan

Editor : Effendy Wongso
Publisher : Effendy Wongso
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com