WAKTU SERVER : Rabu, 29 Maret 2017 02:49
0 Share
0 0 0

Ada Gerakan 1000 Masyarakat Peduli HIV AIDS di Sulsel

News
4 bulan yang lalu - 21-11-2016

 Ada Gerakan 1000 Masyarakat Peduli HIV AIDS di Sulsel
Kepala Biro Napza dan HIV AIDS Sulsel, Sri Endang Sukarsih / foto Nasruddin

 

MAKASSAR - Biro Napza dan HIV AIDS Sulawesi Selatan bakal meluncurkan gerakan 1000 Masyarakat Peduli kasus HIV AIDS. Gerakan ini dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2016.

Kepala Biro Napza dan HIV AIDS Sulsel, Sri Endang Sukarsih, mengatakan gerakan tersebut bertujuan agar masyarakat yang ditunjuk dapat mengedukasi cara pengendalian maupun pencegahan AIDS.

Menurut Sri, pihaknya sengaja melibatkan masyarakat dan banyak pihak karena HIV AIDS adalah urgensi bersama. "Persiapan dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait karena persoalan HIV maupun Napza adalah permasalahan kita semua," ujar Sri ditemui di ruang kerjanya, Senin 21 November 2016.

Dalam acara tersebut, akan digelar pula penobatan tokoh peduli HIV AIDS kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

Sri menuturkan, kasus HIV terus meningkat dan massif. Bahkan di semua kabupaten/kota di Sulsel sudah ada. Sekadar diketahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulsel, jumlah total pengidap HIV/AIDS atau ODHA hingga Juni 2015 mencapai 10317 orang.

"Jumlah itu terdiri dari HIV sebanyaj 6442 orang dan AIDS 3875 orang," jelasnya.

Dari jumlah tersebut 65,4% atau 6.748 didominasi oleh laki-laki. Menyusul perempuan 3.281 orang atau 31,8% dan transgender 288 orang atau 2,8%.

Sementara, faktor resiko 65% disebabkan penularan kepada ibu rumah tangga dan anak. Selain itu bisa disebabkan pula heteroseksual, homo dan biseksual, maupun persalinan.

Sayangnya, saat ini jumlah ODHA  yang direhabilitasi sangat sedikit. Itupun hanya melalui rehabilitasi medis. Untuk itu, pihaknya saat ini terus mengembangkan rehabilitasi dengan metode partisipatif yaitu rumah singgah Ballatta. (B)

Nasruddin

Editor : -
Publisher : -
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI