WAKTU SERVER : Rabu, 29 Maret 2017 02:50
0 Share
0 0 0

Berkat Sulsel, Indonesia tidak lagi impor pangan

News
4 bulan yang lalu - 25-11-2016

Berkat Sulsel, Indonesia tidak lagi impor pangan
Menteri Pertanian Amran Sulaiman/foto: Nasruddin

MAKASSAR - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menobatkan Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu daerah yang menjadi lumbung pangan di negeri ini. Berkat itulah Indonesia menghentikan impor pangan ke dalam negeri.

Menurutnya, selama kurung waktu 33 tahun Indonesia kerap impor beras. Namun sekarang Indonesia tidak lagi impor beras, melainkan ekspor ke luar negeri, seperti Belgia dan Amerika dengan harga Rp 90 ribu per kg.

“Inilah pencapaian kita semua, kita tak lagi impor beras, stok pangan kita cukup meskipun ada el nino terbesar sepanjang sejarah, namun kita bisa lewati itu,” ungkap Amran, setelah menemui Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang di ruang kerjanya, Kamis 24 November 2016.

Indonesia juga tidak lagi melakukan impor cabe, bawang dan pangan lainnya. Bahkan impor jagung tahun ini sudah diturunkan sebanyak 30 persen. Pencapaian tersebut menobatkan Indonesia berada di peringkat satu dunia versi The Global Food Security.

“Walaupun begitu kita tidak boleh berhenti, kita lanjutkan pergerakan ini. Khusus di Sulsel harus dibangun dengan lebih baik lagi, untuk memberikan hasil yang lebih besar lagi,”  paparnya.

Dia mengatakan, Sulsel diminta untuk terus meningkatkan hasil pangan, sebab jika Sulsel memiliki stok lebih, dapat meelakukan ekspor ke luar negeri.

“Dua tahun lalu Sulsel ekspor ke Jakarta. Kalau ada lebihnya lagi, kita langsung ekspor ke Malaysia dan Singapura, itu pasar kita. Harganya Rp 90 ribu per kilo. Ini celah untuk mensejahterakan rakyat,” ujarnya.

Ia juga terus membangun sektor pertanian di provinsi lain. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan.

Nasruddin

Editor : -
Publisher : -
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI