WAKTU SERVER : Kamis, 19 Januari 2017 07:12
0 Share
0 0 0

Rencana aksi 212, 100 ribu pengusaha kabur ke luar negeri

Nasional
2 bulan yang lalu - 02-12-2016

Rencana aksi 212, 100 ribu pengusaha kabur ke luar negeri
Rencana demonstrasi 2 Desember atau yang lebih dikenal sebagai aksi 212 terkait tersangka penistaan agama yang dilakukan gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Jakarta, membuat para pengusaha khawatir dan lebih memilih pergi ke luar kota, bahkan ada yang ke luar negeri. / Ist

JAKARTA - Rencana demonstrasi 2 Desember atau yang lebih dikenal sebagai aksi 212 terkait tersangka penistaan agama yang dilakukan gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Jakarta, membuat para pengusaha khawatir dan lebih memilih pergi ke luar kota, bahkan ada yang ke luar negeri.

Hal itu diungkapkan Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat dalam diskusi Dampak Ekonomi Demo 411 di kawasan Cikini, Jakarta belum lama ini.

"Para pengusaha sekarang sudah ada yang keluar kota seperti Bali, Manado, Yogyakarta, dan kota lainnya yang dinilai relatif aman. Ada juga yang ke luar negeri seperti Singapura," tuturnya.

Menurut Ade, keluarnya para pengusaha secara sementara dari Jakarta lantaran berkaca dari demo 4 November 2016 (aksi 411) yang berakhir anarkis, sehingga ada kekhawatiran aksi demo lanjutan tidak berlangsung damai.

"Mereka akan pergi paling lama 15 hari hingga 20 hari, mereka akan melihat dulu situasi Jakarta, saya perkirakan ada 100 ribu pengusaha keluar kota," beber Ade.

Ia mengatakan, kekhawatiran bukan hanya terjadi terhadap para pengusaha yang berbisnis di Jakarta, tetapi juga ke kota-kota lainnya, karena Jakarta menjadi sentral penjualan berbagai produk. "Semua pengusaha di daerah pun khawatir, bukan yang di Jakarta saja," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Presiden HM Jusuf Kalla meyakinkan para direktur utama atau CEO perusahaan-perusahaan global yang ada di Jakarta, aksi doa bersama yang akan digelar pada 2 Desember 2016 akan berlangsung dengan aman.

"Anda pasti sudah mendengar akan ada demonstrasi besar, tetapi sebagaimana negara demokrasi lainnya, unjuk rasa di sini juga hal yang biasa. Karena itu, kami berharap Anda sekalian yang berada di sini tidak perlu khawatir," kata Wapres dalam resepsi Konferensi CEO Global yang diselenggarakan Media Forbes di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu 30 November 2016. 

Editor : Effendy Wongso
Publisher : Effendy Wongso
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com