WAKTU SERVER : Sabtu, 25 Maret 2017 02:53
0 Share
0 0 0

Wali Kota Parepare kembali umrahkan imam masjid

News
4 bulan yang lalu - 07-12-2016

Wali Kota Parepare kembali umrahkan imam masjid
Sebanyak 25 imam masjid kembali diberangkatkan untuk melaksanakan ibadah umrah tahap ketiga oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. / Arsyad

PAREPARE - Sebanyak 25 imam masjid kembali diberangkatkan untuk melaksanakan ibadah umrah tahap ketiga oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Selain imam masjid, terdapat dua hafiz quran yang mampu menghapal 30 juz, juga mendapatkan kesempatan mengikuti ibadah umrah setelah mengikuti beragam tes dan seleksi, Rabu 7 Desember 2016.

Kepala Bagian Kesra Aminah Amin menjelaskan, pemberangkatan 25 orang imam masjid dan dua hafiz Alquran yang akan melaksanakan ibadah umrah, dilaksanakan setelah lulus tahapan seleksi yang dilaksanakan Pemkot Parepare bekerja sama Departemen Agama Kota Parepare.

Dalam sambutannya, Wali Kota Parepare Taufan Pawe sebelum melepas jemaah umrah menjelaskan pentingnya pembangunan keumatan (moral) yang tidak kalah penting dari pembangunan fisik. “Pembangunan fisik harus dibarengi pembangunan keumatan, agar kota kita punya berkah dengan membangun keumatan,” jelasnya.

Selain itu, Taufan menjelaskan seluruh imam masjid yang diberangkatkan akan menjadi pelopor pembangunan keumatan. Pasalnya, pembangunan keumatan bukan semata tanggung jawab wali kota, Polres, dan Dandim, tetapi tanggung jawab dari seluruh masyarakat Parepare.

“Saya memberangkatkan para imam masjid ke Tanah Haram karena saya tahu banyak imam masjid yang sudah melaksanakan tugasnya dalam membangun keumatan, tetapi belum sempat menginjakkan kakinya di Mekkah,” bebernya.

Taufan mengharapkan agar seluruh imam masjid, setelah melaksanakan ibadah umrah dapat “memakmurkan” masjid. “Tidak hanya dimakmurkan, tetapi masjid dijadikan sebagai sumber edukasi dan ilmu pengetahuan.

Ia menambahkan, nantinya masjid akan dilengkapi fasilitas penunjang pendidikan, sebab masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi juga tempat menimba ilmu.

Taufan juga mengharapkan agar para imam masjid dan hafiz quran untuk memanfaatkan momen umrah tersebut untuk beribadah dengan sungguh-sungguh.

Sebelum diberangkatkan di Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, seluruh imam masjid yang akan melaksanakan umrah mendapatkan uang saku selama menjalankan ibadah umrah.

Masih terkait pembangunan keumatan, pada 2017 mendatang Taufan kembali akan memberangkatkan guru mengaji agar dapat menginjakkan kakinya di Tanah Haram.

“Tentunya ini setelah anak didik mereka lulus seleksi baca tulis Alquran, khususnya sebelum masuk ke jenjang SMA,” paparnya.

Pelepasan jemaah umrah selain dihadiri keluarga para imam masjid, juga dihadiri Kapolres Parepare Pria Budi, Ketua DPRD Kota Parepare Kaharuddin Kadir, Dandim, Kepala SKPD, Camat dan Lurah Kota Parepare. (SPS)

Editor : Effendy Wongso
Publisher : Effendy Wongso
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI