WAKTU SERVER : Sabtu, 25 Maret 2017 02:59
2 Share
0 1 1

Kapolres Jeneponto akan usut tuntas dugaan pungli Kepsek SDI 205

Peristiwa
3 bulan yang lalu - 15-12-2016

Kapolres Jeneponto akan usut tuntas dugaan pungli Kepsek SDI 205
Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto. / Syarief

JENEPONTO - Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto akan usut tuntas dugaan pungutan liar (pungli) Kepala SDI 205 Kallongerasa, Desa Turatea Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto.

Ia mengungkapkan, akan mempelajari kasus pungli yang sedang berproses di Polres Jeneponto. “Kami akan pelajari dan akan usut tuntas kasus tersebut. Terkait pungli, kami komitmen tidak ada toleransi bagi pelaku, siapapun itu," tegas Hery.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Sekolah SD Inpres 205 Kallongerasa, Kecamatan Tamalatea, Nurhayati diduga telah melakukan praktik pungutan liar (pungli) terhadap sejumlah siswanya, melalui pembagian dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Salah seorang guru SDI 205 Kallong Erasa, Sarifa Alam yang juga bendahara sekolah yang ditemui, mengakui dalam pembagian bantuan PIP, telah dilakukan pungli biaya administrasi Rp 100 ribu per-siswa. Itu berdasarkan kesepakatan pihak sekolah dengan orang  tua siswa.

Menurutnya, hal ini bukan merupakan pungli, karena hingga saat ini tidak ada siswa maupun orang tua yang keberatan terhadap pungutan dana PIP tersebut. "Tidak ada pungli. Karena semua siswa dan orang tua siswa tidak keberatan dilakukan (pungutan dana) seperti itu," ungkapnya.

Sarifa menambahkan, hal itu bukan pemotongan yang dilakukan pihak sekolah. Tetapi merupakan biaya pengganti kertas, pengurusan berkas, administrasi, tinta, dan lain-lain. Apalagi, sudah disepakati para orang tua siswa dengan mendatangani berita acara.

"Yang kita lakukan itu bukan pemotongan. Kita panggil semua orang tua siswa yang mendapatkan bantuan PIP. Kita beritahu, ada kertas, administrasi, tinta, dan yang lain. Itu harus diganti," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDI 205 Kallongerasa Nurhayati, yang dikonfirmasi hanya berkata singkat. "Kita kerja sama semua guru," imbuhnya.

Syarief

Editor : Effendy Wongso
Publisher : Effendy Wongso
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI