WAKTU SERVER : Minggu, 26 Februari 2017 08:33
0 Share
0 0 0

Melli Dara, syarat jika ingin menikahi perempuan bangsawan Bugis-Makassar

Budaya
2 bulan yang lalu - 09-01-2017

Melli Dara, syarat jika ingin menikahi perempuan bangsawan Bugis-Makassar
INT

MAKASSAR - Melli dara yang berarti membeli darah adalah tradisi yang berlaku bagi kaum laki-laki yang berniat mempersunting perempuan yang berasal dari kaum bangsawan Bugis dan Makassar. 

Guru besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Nurhayati Rahman mengatakan tradisi melli dara adalah tradisi yang hanya terjadi pada masyarakat Bugis dan Makassar. ”Tradisi ini satu-satunya di dunia,” tutur Nurhayati kepada MAKASSARTERKINI.com

Dalam tradisi ini, pihak laki-laki wajib melipat gandakan jumlah uang yang akan diberikan kepada keluarga pihak perempuan yang akan dipergunakan dalam upacara pernikahan. 

Sejumlah uang ini, dalam masyarakat Bugis-Makassar dikenal sebagai uang panaik. Sebagai contoh, Nurhayati menuturkan jika uang panaik yang disepakati berjumlah Rp 50 juta, maka jumlah tradisi Melli dara jumlah tersebut harus menjadi Rp100 juta atau bahkan lebih. 

“Banyaknya ongkos melli dara tergantung dari latar belakang perempuan bangsawan yang akan dinikahi,” tutur Nurhayati.

Nilai melli dara akan semakin mahal jika perempuan bangsawan tersebut memiliki gelar pendidikan yang tinggi dan pekerjaan yang terhormat di masyarakat.

Lebih lanjut, Nurhayati menuturkan saat ini, syarat melli dara tidak hanya berlaku bagi kaum bangsawan Bugis-Makassar. Syarat ini juga berlaku jika seorang laki-laki berniat menikahi anak pejabat pemerintahan. Sebab, kata Nurhyati makna bangsawan telah bertransformasi atau mengalami pergeseran makna sosial. 

“Saat ini bangsawan tidak hanya berasal dari keturunan raja, seorang pejabat daerah pun memiliki kedudukan yang tinggi di dalam masyarakat,” tutur Nurhayati

Nurhayati mengatakan, selain melakukan syarat di atas, syarat lain yang tidak kalah penting dimiliki seorang laki-laki adalah memiliki nilai hidup yang terdapat dalam falsafah Sula Eppa Wala Suji. Yakni memiliki kejujuran, keberanian, kepandaian dan mau bekerja keras.

Debra Ayudhistira

Editor : Ihwan Fajar
Publisher : Ihwan Fajar
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com