WAKTU SERVER : Minggu, 26 Februari 2017 08:29
0 Share
0 0 0

Karantina Ikan larang penangkapan lobster dan kepiting secara membabi buta

News
2 bulan yang lalu - 11-01-2017

Karantina Ikan larang penangkapan lobster dan kepiting secara membabi buta
Kepiting bertelur dari Sulsel siap ekspor

MAKASSAR - Sektor perikanan dan kelautan Sulawesi Selatan menyumbang kontribusi besar terhadap pendapatan daerah dari perdagangan komoditi perikanan ekspor dan antar area beberapa tahun terakhir.

Dalam rangka mewujudkan tiga pilar pembangunan kelautan dan perikanan yaitu kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan, Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan tata kelola sumber daya ikan untuk tetap lestari.

Salah satunya melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan Atau Pengeluaran Lobster, Kepiting dan Rajungan Dari Wilayah Negara Republik Indonesia.

Untuk menjaga keberadaan dan ketersediaan populasi lobster, kepiting dan rajungan di alam, aturan ini menyatakan pada bulan Februari sampai Desember, kepiting bertelur dilarang untuk diperdagangkan sedangkan untuk bulan Desember sampai Februari, kepiting bertelur diatas 200 gram bisa dilalulintaskan.

Selain itu, untuk kepiting hasil budidaya yang dikirim harus disertai dengan Surat Keterangan Asal (SKA) dari dinas kabupaten/kota setempat.

Menurut Kepala Balai Besar Karantina Ikan Makassar Teguh Samudro, aturan ini telah disosialisasikan kepada pelaku usaha dan pihak dinas perikanan kabupaten/kota.

Diharapkan para pelaku usaha kepiting dapat menyesuaikan pola budidaya dengan periode penangkapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Termasuk memanfaatkan benih kepiting dan rajungan  yang sudah bisa dihasilkan oleh Balai Budidaya Air Payau Takalar," kata Teguh kepada MAKASSARTERKINI.com Rabu 11 Januari 2017.

Editor : Muhammad Yunus
Publisher : Muhammad Yunus
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com