WAKTU SERVER : Rabu, 18 Januari 2017 00:14
2 Share
0 1 1

Aplikasi Bigo Live, dari tarian erotis hingga konsultasi dokter

Tekno
3 bulan yang lalu - 18-10-2016

Aplikasi Bigo Live, dari tarian erotis hingga konsultasi dokter
Bigo Live adalah aplikasi berbasis Android dan iOS yang saat ini sedang digemari pengguna, khususnya dari Indonesia. Bigo Live sudah menempati posisi 18 di daftar aplikasi gratis terpopuler. Dari deskripsinya, Bigo Live digunakan untuk menyiarkan aktivitas sehari-hari broadcaster (penyiar) ke member atau anggota Bigo Live lainnya. / Ist

MAKASSARTERKINI.COM - Bigo Live adalah aplikasi berbasis Android dan iOS yang saat ini sedang digemari pengguna, khususnya dari Indonesia. Bigo Live sudah menempati posisi 18 di daftar aplikasi gratis terpopuler. Dari deskripsinya, Bigo Live digunakan untuk menyiarkan aktivitas sehari-hari broadcaster (penyiar) ke member atau anggota Bigo Live lainnya.

Pada halaman muka (beranda), pengguna akan disuguhkan beragam pilihan broadcaster Bigo Live yang dapat ditonton siarannya. Untuk melihatnya, pengguna hanya perlu memilih salah satu dari siaran tersebut.

Kendati demikian, ada sisi negatif Bigo Live. Ketika masuk, pengguna dapat melihat broadcaster beraksi dan berinteraksi dengan pengunjung. Pengguna sendiri dapat mengirim pesan atau mengirim “hadiah” ke broadcaster favorit. Dari berbagai banyak pilihan broadcaster, sebagian besar dari mereka didominasi wanita. Namun kadang-kadang, para broadcaster “nakal” tampil berpakaian seksi dan menunjukkan bagian “vital” mereka ke publik.

Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat semua lapisan masyarakat dari beragam usia dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Sekadar informasi, untuk menggunakan Bigo Live, pengguna hanya perlu menggunakan akun Facebook, Twitter, ataupun akun Google-nya.

Sejak kehadiran Bigo Live, publik Indonesia menyambut antusias aplikasi Bigo Live ini. Pada dasarnya, aplikasi itu memungkinkan pengguna menyiarkan dirinya sendiri. Sayangnya, aplikasi Bigo Live banyak disalahgunakan untuk perbuatan mesum.

Selain sisi negatif, tentu saja ada sisi positif aplikasi Bigo Live. Pasalnya, tidak semua broadcaster ini menampilkan hal-hal negatif. Banyak juga broadcaster yang menampilkan bakat-bakat mereka di sini, mulai keahlian menggambar, bernyanyi, bahkan ada juga yang bernuansa religius seperti berdakwah dan mengaji.

Jika kreatif, sebenarnya banyak juga broadcaster yang menghasilkan uang, seperti akun dr Sheila. Dokter ini menerima konsultasi terkait kesehatan di dalam broadcast-nya.

Memang, sebuah aplikasi bisa menjadi negatif tergantung dari pemakainya. Jadi, jika banyak isu negatif tentang Bigo Live ini, itu karena para penggunanya sendiri yang memakai tidak pada jalurnya. Padahal, banyak hal positif yang bisa didapatkan dari Bigo Live ini. Salah satunya, kita bisa dapat teman baru melalui sarana chatting-nya.

Yang terpenting, pengguna bisa mendapatkan uang dari Bigo Live. Ini memang  salah satu keistimewaan aplikasi ini, yaitu pengguna dapat menghasilkan uang cash dari hasil broadcasting secara live.

Semakin banyak orang yang datang ke channel broadcast kita dan memberi gift (istilah pemberian hadiah melalui ikon), maka semakin banyak peluang orang yang memberikan gift kepada kita. Jika sudah begitu, maka akan semakin banyak Diamond terkumpul, yang pada akhirnya Diamond ini bisa ditukarkan menjadi uang cash, minimal penarikan 6.700 diamond atau setara Rp 2 juta.

Dengan adanya fitur penukaran Diamond menjadi uang cash inilah yang menyebabkan banyak broadcaster (istilah yang sedang siaran), rela melakukan hal-hal “unik” dan terkadang melampaui batas, yaitu menunjukkan bagian intim mereka, bahkan di antaranya sengaja menari erotis demi menghasilkan diamond-diamond ini. Tentu saja, jika diamond sudah terkumpul banyak maka akan mereka tukarkan menjadi uang.

Menurut informasi yang dihimpun MAKASSARTERKINI.com saat menelusuri dunia maya, penarikan uang secara cash diperoleh akun bernama "Queen of Banned", yaitu sekitar Rp 20 juta sekali penarikan (withdraw). Tentu kita akan bertanya, kenapa bisa begitu banyak?  Akun ini dimiliki wanita bernama Olyvia, (mengaku) asli Jakarta berdomisili di Bali. Setiap broadcast, ia selalu memperlihatkan tarian erotis bahkan tidak segan membuka bagian dadanya.

Padahal, dari pihak Bigo Live sendiri sudah mengeluakan peraturan yang cukup ketat, salah satunya adalah dilarang memperlihatkan bagian intim saat sedang broadcast, tetapi ternyata masih banyak yang melanggar peraturan tersebut, yang akhirnya membuat Bigo Live menerapkan hukuman banned atau memblokir akun broadcaster yang menyalahi aturan.

Beberapa peraturan Bigo Live adalah dilarang keras menyebarkan rumor, mengganggu ketertiban dan stabilitas sosial, pornografi, perjudian, kekerasan, pembunuhan, terorisme, menghasut orang lain untuk melakukan kejahatan, menghina atau memfitnah orang lain, melanggar hak-hak dan kepentingan orang lain, melawan hukum, serta masih banyak peraturan lainnya.

Awal berdirinya, Bigo Live banyak disalahgunakan untuk transaksi oknum pekerja seks komersial (PSK). Artinya, oknum PSK tersebut melakukan broadcast dan banyak yang masuk ke channel tersebut. Di sana, banyak yang saling tukar ID Line atau PIN BB dengan pengguna lainnya. Dari sanalah terjadi transaksi prostitusi secara online dengan menggunakan Bigo Live.

Saat ini, pihak Bigo Live sendiri sudah sangat ketat, jika memang diketemukan hal-hal yang menyimpang dalam waktu lima menit, akun tersebut akan kena banned dari Bigo Live yang bernama “Polisi Bigo”. Akan tetapi, karena selama ini lebih banyak digunakan untuk kegiatan negatif, citra Bigo Live otomatis sudah rusak.

Editor : Effendy Wongso
Publisher : Effendy Wongso
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com