WAKTU SERVER : Sabtu, 25 Maret 2017 02:53
3 Share
0 1 2

Samsat Jeneponto sebut tidak ada kenaikan pengurusan STNK

News
2 bulan yang lalu - 11-01-2017

Samsat Jeneponto sebut tidak ada kenaikan pengurusan STNK
Pelayanan di Samsat Jeneponto/INT

JENEPONTO - Kurangnya Sosialisasi tentang Peraturan Pemerintah  (PP)  No 60 2016 tentang perubahan tarif PNBP. Akibatnya masyarakat menjadi resah saat mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).  

Kepala Seksi Pelatihan kantor Samsat Jeneponto, Muh Ali GS mengatakan bahwa Masyarakat salah memahami PP No 60 tahun 2016 yang mengatur tentang perubahan tarif PBNP. 

"Masyarakat mengira yang naik itu pembayaran pajak STNK. Padahal bukan pajak yang berubah, yang berubah biaya administrasi BBNKB, biaya administrasi penerbitan STNK yang dibayar setiap 5 tahun sekali, stempel pengesahan STNK, biaya administrasi TNBK,"ujarnya. 

Jadi, kata dia, tidak ada kenaikan pajak tahunan STNK, yang ada hanya dikenakan biaya administrasi. "Sepeda motor naik Rp25 ribu, dan roda 4 naik Rp50 ribu. Misalnya di STNK sepeda motor tertera Rp183ribu, jumlah itu ditambah Rp25 ribu. Jadi dia hanya bayar Rp208ribu,"lanjut Muh Ali GS.

Sedangkan untuk penerbitan STNK baru naik dari Rp50ribu menjadi Rp100ribu selama 5 tahun baru ada pergantian. Begitu juga pergantian plat kendaraan dimana sepeda motor tidak ada kenaikan. "Hanya ada kenaikan administrasi saja dari Rp50ribu menjadi Rp100ribu. Juga surat mutasi kendaraan keluar daerah roda dua Rp75ribu menjadi Rp150ribu. Untuk roda 4 atau lebih dari Rp75ribu menjadi Rp250ribu,"jelasnya.

Sementara itu, Rahman (30) warga Desa Tanam Mawang bahwa kenaikan tarif PBNP baru dia ketahui saat mendatangi kantor Samsat Jeneponto untuk membayar pajak sepeda motornya.

"Saya baru tahu kalau ada kenaikan tarif PNBP. Tidak pernah dengar jika ada PP yang mengatur tentang perubahan tarif PBNP. Sebenarnya saya mau bayar Pajak motorku, tapi ada kenaikan jadi saya tidak jadi bayar. Tidak cukupki uang ku,"pungkasnya. 

Syarief

Editor : Ihwan Fajar
Publisher : Ihwan Fajar
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI