WAKTU SERVER : Rabu, 18 Januari 2017 00:08
0 Share
0 0 0

Ini penemu pulpen modern yang pernah jadi Google Doodle

Tekno
3 bulan yang lalu - 20-10-2016

Ini penemu pulpen modern yang pernah jadi Google Doodle
Ladislao Jose Biro adalah penemu pulpen modern. Lantaran jasa-jasanya, pulpen yang digunakan manusia menggantikan pensil dan pulpen model kuno (pit) seperti dari bulu ayam dan sejenisnya. / Ist

MAKASSARTERKINI.COM – Pada Rabu 29 September 2016 lalu, Google seperti biasa mengangkat tokoh atau momen, ataupun sesuatu yang dianggap istimewa dalam tema telusur mesin pencariannya.

Saat itu, Google memajang Ladislao Jose Biro. Ini dapat dilihat pada halaman pertama Google kala itu yang memajang animasi tulisan “Google” dengan sebuah pulpen modern karya Ladislao Jose Biro. Ya, tidak salah. Google memasang doodle peringatan ulang tahun Ladislao Jose Biro yang ke-117.

Lalu, siapa Ladislao Jose Biro? Ladislao Jose Biro adalah penemu pulpen modern. Lantaran jasa-jasanya, pulpen yang digunakan manusia menggantikan pensil dan pulpen model kuno (pit) seperti dari bulu ayam dan sejenisnya.

Ladislao Jose Biro lahir 29 September di Hungaria, pertama kali Ladislao Jose Biro memperkenalkan pulpen modern saat pameran internasional di Budapest, ibu kota Hungaria pada 1931. Kemudian pulpen modern karya Ladislao Jose Biro dipatenkan di Paris di 1938.

Latar belakang penemuan pulpen modern, tidak terlepas dari profesi Ladislao Jose Biro sebagai seorang wartawan. Dalam pengamatannya, pulpen yang dipakai para wartawan pada masa itu tidak terlalu efektif. Ladislao Jose Biro kemudian melakukan uji coba tinta yang sama fontain pen (pulpen dengan tinta encer) namun gagal.

Ladislao Jose Biro kemudian bersama saudaranya George, seorang kimiawan, mengembangkan jenis ujung baru yang mengandung bola yang bebas berputar di dalam wadahnya, mengambil tinta dalam dari tempat tinta sewaktu berputar dan mengantar tinta ke atas kertas sewaktu berputar kembali.

Pulpen modern temuan Ladislao Jose Biro sampai sekarang masih dipakai secara massal. Meski kini peran pulpen diganti komputerisasi, penemuan Ladislao Jose Biro layak disebutkan sebagai salah satu penanda kemajuan peradaban manusia di bidang tulis menulis.

Sehingga, tidak mengherankan hari ini Google memasang doodle ulang tahunnya yang ke-117 sebagai penghormatan terhadap Ladislao Jose Biro atas penemuannya yang menakjubkan, khususnya alat tulis menulis seperti pulpen.

Ladislao Jose Biro meninggal dalam usia 86 tahun pada 24 November 1985 di Budapest, Hungaria.

Editor : Effendy Wongso
Publisher : Effendy Wongso
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com