WAKTU SERVER : Senin, 27 Februari 2017 22:45
0 Share
0 0 0

E-Infaq, Program Sedekah Non Tunai Diluncurkan BI Sulsel

Perbankan
10 hari yang lalu - 17-02-2017

E-Infaq, Program Sedekah Non Tunai Diluncurkan BI Sulsel
Kepala Bank Indonesia, Wiwiek Sisto Widayat melakukan sedekah non tunai e-infaq pada acara peluncuran di Menara Bosowa, Jumat, 17 Februari 2017 / Andini Ristyaningrum

MAKASSAR – Semakin banyak cara yang dilakukan Bank Indonesia untuk mendorong Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Kali ini dalam bentuk program sedekah atau berinfaq.

Jika biasanya orang berinfaq dengan menyalurkan uangnya di kotak amal, kali ini Bank Indonesia menghadirkan terobosan baru. 

Mengajak masyarakat dengan berinfaq dengan menggunakan layanan electronic infaq atau e-infaq. Program ini merupakan kerja sama yang dilakukan dengan salah satu bank plat merah BNI. 

“Ini merupakan yang pertama kalinya di Makassar dan kita akan lihat perkembangannya di Makassar dulu. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tidak membawa uang tunai ketika sedang melakukan salat Jumat berjamaah di masjid,” kata Kepala BI Sulsel Wiwiek Sisto Widayat pada acara peluncuran Sedekah Non Tunai “E-Infaq” di Menara Bosowa Jalan Jenderal Sudirman, Jumat, 17 Februari 2017.

Hal ini lanjut dia juga merupakan salah satu bentuk real dalam mendukung GNNT, yang diharap bisa menyebar lebih luas ke masyarakat. Ke depannya program ini akan terus disosialisasikan dengan mengajak sejumlah perbankan lainnya.
“Tidak menutup kemungkinan kami akan mengajak BRI, Mandiri dan sejumlah bank lainnya untuk turut menyukseskan program ini,” ungkap Wiwiek.

Sosialisasi juga akan dilakukan di sejumlah masjid besar di Makassar di setiap hari Jumat. Masjid Al Markaz dan Masjid Raya akan menjadi lokasi selanjutnya untuk memperkenalkan program ini. Selain itu informasi terkait program e-infaq ini juga akan disebarkan melalui brosur juga dalam setiap kegiatan yang dilakukan BI.

Untuk penyalurannya, pihak BI Sulsel akan melakukan evaluasi tiap tiga bulan kemudian akan membentuk satu tim.

Program yang diluncurkan BI Sulsel disambut baik oleh BNI. Pemimpin BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Makassar Hadi Santoso mengatakan, program ini merupakan terobosan yang menarik dalam mendukung GNNT.

“Prinsipnya program yang digagas bersama ini akan selalu disupport. Tak hanya untuk terus mendorong GNNT, tetapi juga mendukung transparansi dalam bersedekah atau berinfaq,” kata Hadi.

Menurutnya, program ini juga akan memudahkan penerima infaq di mana tak lagi diberatkan menghitung sejumlah uang yang sudah disedekahkan dan tersimpan lebih aman dalam rekening bank.

“Jadi baik yang bersedekah maupun yang menerima infaq tak perlu repot-repot lagi membawa uang ke mana-mana, begitupun dengan jumlahnya semua terekap dengan baik jika melalui rekening,” jelasnya.

BNI lanjut Hadi, membantu menyediakan alat di mana masyarakat yang ingin berinfaq bisa menggunakan kartu debit maupun kredit. 

Andini Ristyaningrum
 

Editor : Andini
Publisher : Andini
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com