WAKTU SERVER : Senin, 27 Februari 2017 22:47
0 Share
0 0 0

Minimalisir Nikah Siri, Pemkot Parepare Gelar Sidang Isbat Nikah Gratis

News
10 hari yang lalu - 17-02-2017

Minimalisir Nikah Siri, Pemkot Parepare Gelar Sidang Isbat Nikah Gratis
Pelaksanaan sidang isbat nikah gratis di Parepare, Jumat, 17 Februari 2017 / Arsyad

PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sidang isbat nikah gratis bagi masyarakat Parepare yang di gelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil).
 
Kata Taufan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap penertiban administrasi kependudukan masyarakat.
 
“Kita memang telah berkomitmen ke depan agar masyarakat dapat memahami arti pentingnya administrasi kependudukan, sebab ini sangat berdampak pada status hukum dan status sipil. Termasuk keabsahan perkawinan yang berdampak langsung kepada status hukum anak", ungkapnya, di lokasi kegiatan, Hotel Kenari Bukit Indah, Jumat, 17 Februari 2017.
 
Pemkot juga telah mengeluarkan berbagai program dan kebijakan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hak dasar masyarakat terutama layanan kependudukan ini.
 
“Ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot terutama terkait dengan pemenuhan hak dasar masyarakat khususnya untuk mendorong memiliki buku nikah sehingga secara otomatis pemenuhan hak asasi anak untuk mempunyai akta lahir juga dapat terpenuhi”, beber Taufan.
 
Dalam pelaksanaan ini Pemkot bekerjasama dengan Pengadilan agama dan biaya pernikahan seluruhnya ditanggung oleh Pemkot. Ada 150 pasangan yang mengikuti sidang isbat ini.
 
“Kegiatan seperti ini sengaja kami programkan untuk membantu meringankan beban masyarakat kita yang kurang mampu sehingga melaksanakan pernikahan siri yang tidak memberikan jaminan hukum kepada kepada kedua pasangan, serta akan merugikan anak-anak yang dilahirkan”, terang Taufan.
 
Taufan pun berharap melalui kegiatan ini juga nantinya akan meminimalisir nikah siri di Parepare yang berdampak pada tertibnya administrasi kependudukan.
 
“Tentunya hal ini secara tidak langsung telah meringankan beban masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya terutama masyarakat kurang mampu yang nikah siri”, tandas Taufan.
 
Sebelumnya, Pemkot telah meluncurkan program buku nikah gratis 2014 lalu. Program gratis dari lahir hingga akhir hayat ini merupakan prioritas Pemkot.
 
Arsyad
Editor : Arul Ramadhan
Publisher : Arul Ramadhan
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com