WAKTU SERVER : Rabu, 29 Maret 2017 02:51
0 Share
0 0 0

Begini Kondisi Pesawat Losari Air yang Terbakar di Bandara Hasanuddin

News
13 hari yang lalu - 16-03-2017

Begini Kondisi Pesawat Losari Air yang Terbakar di Bandara Hasanuddin
Kondisi pesawat Losari Air yang dibuat khusus untuk simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat / Humas AP1

MAROS – Pesawat Losari Air yang terbakar di luar pagar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akhirnya bisa dipadamkan. Badan pesawat berwarna putih ini bukanlan pesawat sungguhan. Tapi pesawat yang dibuat khusus untuk simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD).

Untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, komando dan sinkronisasi atas prosedur tetap dari setiap unsur yang ada di bandara dan fungsi penunjang di sekitarnya,” terang Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose, Kamis 16 Maret 2017.

Dalam simulasi diceritakan, pesawat Losari Air dengan nomor penerbangan MKS090 dari Haneda menuju Makassar jatuh dan terbakar sebelum memasuki runway 21 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Pesawat Airbus 330-200 dengan kode registrasi PK-UPG tersebut kehilangan kendali dan jatuh di area luar pagar bandara, tepatnya pada gridmap C6 di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Lihat juga : 47 Penerbangan di Bandara Hasanuddin Akan Tertunda Karena Ini

Melihat kejadian tersebut, petugas Air Traffic Control (ATC) segera menyalakan crash bell dan menginformasikan petugas watchroom.

General Manager Bandara Sultan Hasanuddin Makassar segera mengaktifkan Emergency Operation Center (EOC). Petugas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) langsung menuju lokasi kecelakaan, memadamkan api, dan mengevakuasi korban.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Turah Aji mengatakan, simulasi ini berlangsung satu jam. Lebih cepat dari prediksi sebelumnya sekitar dua jam. Akibatnya jumlah penerbangan yang tertunda juga berkurang. “Hanya 18 penerbangan yang tertunda, itu pun tidak semua karena kegiatan ini,” kata Turah.

Turah menambahkan, saat simulasi, Bandara Hasanuddin menerima 27 penerbangan dalam rentang waktu satu jam. “Satu jam terpadat di Bandara Hasanuddin,” katanya.

Lihat juga : SIMULASI : Pesawat Losari Air Ratusan Penumpang Jatuh dan Terbakar di Bandara Hasanuddin

Editor : Muhammad Yunus
Publisher : Muhammad Yunus
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI