Makassar Terkini

Switch to desktop Register Login

Persijap dan Pro Duta Saingan Berat PSM

Rate this item
(0 votes)

MAKASSAR– PSM Makassar akan berjibaku dengan empat tim lain di Grup K pada babak play off kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Kemarin, PSSI akhirnya menggelar drawing bagi 10 klub IPL.

Play off ini akan menjadi ajang pertarungan bagi 11 klub IPL untuk bisa lolos ke liga utama musimdepan. Play offinimerupakan solusi yang dicapai antara PSSI dengan klub IPL setelah kompetisiyangbergulirsebelumnya dibekukan oleh Exco PSSI. Play offini terbagi dalam dua grup, yakni grup K dan grup L. PSM berada di grup K bersama Persijap Jepara, Pro Duta, PSLS Lhouksumawe, dan Bontang FC.

Bertindak selaku tuan rumah grup K ini, yakni Persijap Jepara. Melalui play off, akan diambil tiga klub peringkat atas masingmasing grup. Setelah enam klub lolos play off, plus Semen Padang yang diloloskan otomatis, PSSI akan melakukan verifikasi untuk memilih empat klub yang akan bergabung dengan 18 klub Indonesian Super League (ISL). Gabungan klub IPL dan ISL itulah yang akan menjadi peserta kompetisi liga utama sepak bola Indonesia musim depan.

Media Officer PSM Andi Widya Syadzwina mengatakan, pihaknya tidak punya pilihan lain selain bersiap melaksanakan hasil drawingPSSI itu. Apalagi, kata dia, itu keputusan bersama PSSI dengan klub IPL. “Mau tidak mau harus siap karena memang itu yang harus dijalani,” ujar dia kepada KORAN SINDOkemarin. Menjelang  play off, PSM akan fokus membenahi mental dan stamina para pemain.

“Kami berharap semua pemain fit sehingga bisa berkonsentrasi menghadapi laga play off tersebut. Mudah-mudahan PSM bisa lolos ke ISL musim depan,” ungkap perempuan yang akrab disapa Wina ini. Di grup K, selain tuan rumah Persijap Jepara, Pro Duta FC juga merupakan lawan berat skuad Juku Eja.

Pada putaran pertama IPL, PSM berhasil menundukkan Persijap Jepara dengan skor 2-1. Pro Duta FC juga dikalahkan dengan skor 2-0 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Namun, Pro Duta sukses membalas kekalahan tersebut dengan menekuk Andi Oddang dkk 2-0 di Stadion Teladan Medan, Rabu (2/10). Wina juga mengakui, Pro Duta sebagai salahsalah satu lawan berat.

Menurut dia, kekalahan terakhir dari Pro Duta FC akan jadi pelajaran untuk tim dalam menjalani laga playoff. “Apapun bisa terjadi di sepak bola. Semua lawan tidak bisa dianggap remeh. Meskipun mungkin dari semua tim yang ada Pro Duta dan tuan rumah Persijap Jepara saingan terkuat,” katanya. Drawing 10 klub peserta play off kompetisi IPL ini digelar PSSI di Jakarta, kemarin.

Play off rencananya akan digelar antara 13 atau 16 Oktober2013. SelainPersijap sebagai tuan rumah grup K, PSSI juga menunjuk Persiba Bantul sebagai tuam rumah grup L. Play off ini dilakukan setelah dilakukan pertemuan yang melibatkan 11 klub IPL di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/10). Pada pertemuan itu disepakati melakukan drawingplay off IPL. Dalam drawing yang digelar di Kantor PSSI, Jakarta, kemarin, turut hadir Ketua Umum (Ketum) PSSI Djohar Arifin Husin dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono.

Tidak hanya dihadiri dua petinggi PSSI, proses drawing juga dihadiri dua perwakilan klub tuan rumah. Persijap diwakili CEO Said Basalamah. Adapun perwakilan Persiba hadir manajer Bryanto. “Ini hari yang ditunggu untuk menyelesaikan IPL. Ini kesepakatan dari IPL sendiri. Bukan kehendak PSSI, bukan PSSI yang semata-mata menentukan. Kami mengusahakan seadil mungkin agar tidak berbenturan antara satu wilayah yang sama,” ungkap Djohar.

Play offgrup K akan digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara. Sementara grup L yang diisi PSIR Rembang, Perseman Manokwari, Persepar Palangkaraya, Persiraja Banda Aceh, dan tuan rumah Persiba akan berlaga di Stadion Sultan Agung. “Alasan dipilihnya Persijap dan Persiba, itu setelah diputuskan dalam rapat Exco. Intinya kedua klub tersebut masuk 10 peserta IPL. Tapi yang jadi alasan kami adalah pertimbangan kualitas stadion. Di mana kedua stadion tersebut sangat baik untuk menjamin kualitas pertandingan,” kata Joko.

Lalu bagaimana mekanisme penentuan klub yang akan lolos ke liga utama musim depan? Dari kedua grup tersebut, akan diambil tiga klub teratas. Jumlah enam klub di tambah Semen Padang yang langsung lolos, nanti akan menjalani proses verifikasi. Sampai akhirnya akan ada empat klub IPL yang dinyatakan lolos untuk bergabung dengan18 wakil Indonesia Super League (ISL).

“Untuk  kick off, rencananya akan digelar pada 13 atau 16 Oktober. Soal tepatnya kapan, kami akan diskusi lebih dahulu dengan pihak televisi. Karenaada kepentingan televisi juga di sana,” kata Joko. “Pimpinan klasemen dari masing-masing grup akan saling berhadapan untuk mencari siapa yang terbaik. Dan yang terbaik akan berhadapan dengan Semen Padang. Istilahnya laga Perang Bintang IPL yang diperkirakan akan dimainkan pada 2 November,” kata Jodri, sapaan akrab Joko Driyono.

Sementara itu, Persijap yang bertindak sebagi tuan rumah tidak melihat kesempatan itu sebagai keuntungan. Soal peluang Laskar Kalinyamat masuk tiga klub teratas grup K, Said melihat persaingan di grup tersebut sangat berimbang. Jadi tidak ada pengaruh besar soal status Persijap sebagai tuan rumah.

“Peluang semua klub di Grup K, saya rasa 50-50 persen. Tidak ada grup neraka saya kira di sini. Status sebagai tuan rumah, mungkin hanya memberi keuntungan 1 persen saja. Karena adanya dukungan penonton,” tutup Said. KORAN SINDO ● agus nyomba/ decky irawan jasri

Login to post comments

2013 © Makassar Terkini. All rights reserved.

Top Desktop version