Makassar Terkini

Switch to desktop Register Login

Ilham Siapkan Mutasi Pejabat Lagi

Rate this item
(0 votes)

MAKASSAR – Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dipastikan kembali akan melakukan mutasi pejabat sebelum mengakhiri jabatannya April 2014.

Mutasi besar-besaran ini merupakan yang ke empat kalinya dilakukan pada tahun ini. Diperkirakan, beberapa kepala dinas, kepala bagian, camat dan lurah akan menjadi korban dalam mutasi yang direncanakan dilaksanakan antara Oktober atau November mendatang. Sekretaris Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Makassar Muh Kasim Wahab membenarkan adanya rencana mutasi tersebut. Menurut dia, mutasi adalah hal yang lumrah dalam sebuah pemerintahan. Baperjakat mulai melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pejabat. Yang berkinerja buruk dipastikan akan lengser.

”Mutasi antara Oktober atau November tahunini. Saat ini, kitasementara melakukan pengkajian,” ujarnya di Makassar kemarin. Mutasi kali ini, lanjut dia, bukan hanya pada struktur pemerintahan saja, tetapi juga di lingkup Dinas Pendidikan khususnya kepala sekolah. Pada pertengahan 2013, sekolah banyak mendapat sorotan warga terkait maraknya kasus pungutan liar (pungli) pada penerimaan siswa baru. ”Semua unsur akan dievaluasi. Jadi nanti akan kolektif mutasinya,” ujarnya.

Khusus untuk lurah, mutasi lebih kepada pertimbangan kebersihan lingkungan dan pelayanan publik. Di samping itu, juga pada pertimbanan keamanan wilayah. Peranan camat dan lurah sangat vital dalam mewujudkan lingkungan masyarakat yang aman dan bersih. Hanya saja, Kasim yang juga Kepala Badan Kepegawaian Kota Makassar ini masih merahasiakan nama-nama yang masuk dalam daftar mutasi dengan alasan belum final di Baperjakat.

Setelah evaluasi, Baperjakat akan mengirimkan namanama pejabat yang diganti beserta calon penggantinya kepada wali kota untuk dipilah dan ditetapkan. Berdasarkan data KORAN SINDO, mutasi terakhir dilakukan Ilham pada 8 Juli 2013. Saat itu, terdapat lima lurah yang belum sampai dua bulan dilantik kembali dimutasi, satu di antaranya non job. Dua lurah lainnya digeser menjadi kepada seksi di kantor kecamatan. Demikian juga dengan mutasi yang digelar awal Juni 2013 terhadap 159 pejabat eselon II, III dan IV.

Saat itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Mappalalo Gau non job. Padahal, Mappalalo Gau saat itu baru saja mengantarkan Makassar meraih Piala Adipura. Sedangkan, mutasi pertama yang digelar Ilham 2013 dilaksanakan awal April. Terdapat 132 pejabat eselon II, III, dan IV dimutasi. Salah satunya 12 camat dan 71 lurah. Mutasi besarbesaran terhadap camat dan lurah saat itu juga terkait dengan banyaknya pengaduan masyarakat tentang buruknya pelayanan publik. KORAN SINDO - supyan umar

Login to post comments

2013 © Makassar Terkini. All rights reserved.

Top Desktop version