WAKTU SERVER : Jumat, 28 April 2017 03:38
0 Share
0 0 0

Bedak bolong, lulur alami perempuan Bugis

News
4 bulan yang lalu - 07-01-2017

Bedak bolong, lulur alami perempuan Bugis
Bahan-bahan alami untuk membuat bedak lotong atau lulur alami perempuan Bugis / Debra Ayudisthira

MAKASSAR – Bedak bolong atau bedak lotong dalam Bahasa Indonesia berarti bedak hitam. Bedak bolong adalah sejenis lulur yang biasa digunakan oleh kaum perempuan Bugis. Disebut bedak bolong karena warnanya hitam.

Pembuat bedak hitam, Eka Besse Wulandari mengatakan, warna hitam pada bedak bolong diperoleh dari beras yang disangrai hingga berwarna hitam. Eka mengatakan, dirinya mengetahui bedak bolong sejak masih kecil. Nenek Eka di Soppeng dan Wajo rutin menggunakan bedak bolong untuk merawat kulit.

Ia menuturkan, hingga saat ini dirinya masih rutin membuat sendiri dan menggunakan bedak bolong. Bedak bolong menurut Eka, jauh lebih aman digunakan untuk kulit. Sebab tidak menggunakan bahan kimia sintesis yang memuat dampak negatif bagi kulit.

"Apalagi biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah," tutur Eka.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat bedak bolong antara lain beras, kunyit mentah, rempah bunga, dan jeruk nipis. Rempah bunga, kata Eka biasa Ia dapatkan dari pedagang yang berjualan di Pasar Wajo atau Soppeng.

Biasanya lanjut dia, para pedagang akan langsung memberi sebungkus rempah bunga jikalau kita mengatakan akan membuat bedak bolong.

Cara membuat bedak bolong adalah sangrai beras hingga berwarna hitam. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Saat menyangrai beras, beras harus selalu diaduk agar bisa masak secara merata.

Setelah beras matang (ditandai dengan warna hitam), tumbuk hingga halus bersama kunyit dan rempah bunga. Agar lebih wangi, peraskan jeruk nipis. Simpan lulur bedak bolong pada wadah kedap udara agar lebih awet.

Jika ingin menggunakannya, cukup ambil sesuai kebutuhan, campur dengan sedikit air, lalu balurkan ke seluruh padan dan wajah. Tunggu hingga lulur mengering.

Jika sudah kering bilas dengan air. Selain wangi, Anda akan memperoleh kulit yang halus dan lembut. (B)

Debra Ayudhistira

Editor : Andini
Publisher : Andini
0 Ulasan
Anda harus Login terlebih dahulu

Subscribe !!!

Jangan sampai ketinggalan berita terkini,
langganan newsletter kami sekarang!

example@mail.com
EVENT TERKINI